Jumat, 30 September 2022

Kenang Pahlawan Revolusi, Kodim 0801/Pacitan Menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila



Pacitan - Tepat pada tanggal 1 Oktober ada momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana terdapat peristiwa yaitu gerakan penghianatan terhadap Pancasila yang dikenal sebagai G-30 S PKI. 

Untuk mengenang peristiwa tersebut, Kodim 0801/Pacitan menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di lapangan upacara Makodim Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Sabtu (1/10/2022). 

Kegiatan upacara tersebut, di pimpin oleh Mayor Inf Edi Sunarko yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Administrasi Veteran (Kaminvet) Pacitan, serta diikuti oleh seluruh personel baik TNI maupun PNS Kodim 0801/Pacitan.

Saat dikonfirmasi oleh awak media usai upacara, Kepala Minvet Pacitan mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan dalam rangka untuk mengenang dan menghormati para pahlawan revolusi yang telah berjuang mempertahankan ideologi Pancasila.

"Mari wujudkan persatuan bangsa, jadikan Pancasila sebagai pedoman dan pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Semoga dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai pancasila, Indonesia akan menjadi lebih baik", kata Kepala Minvet. 

Lebih lanjut Mayor Edi berharap, bahwa sejarah bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi negara harus terus diingat oleh setiap generasi muda penerus bangsa sebagai tanggung jawab dalam mengisi kemerdekaan. 

"Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia, untuk itu sebagai generasi penerus bangsa janganlah melupakan sejarah", ungkap Kepala Minvet. 

"Mari kita bulatkan tekat untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI", ujar Kepala Minvet. 

Meskipun dalam kondisi hujan, namun pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dapat dilaksanakan secara hikmat.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.