Kamis, 29 September 2022

Tanggap Terhadap Bencana, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Bantu Atasi Tanah Longsor

Pacitan - Sebagai seorang Babinsa senantiasa harus dapat perperan aktif dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat.Selain itu juga dituntut untuk tanggap terhadap bencana alam yang terjadi di wilayah binaannya. 

Beberapa hari ini, hujan dengan intensitas sedang telah mengguyur wilayah Kab. Pacitan, sehingga mengakibatkan terjadi tanah longsor hingga menutup  sebagian jalan, yang berada di lingkungan Tamperan Kel. Sidoharjo Kec. Pacitan Kab. Pacitan, Kamis (29/9/2022). 

Setelah mendapat laporan dari warga sekitar bahwa telah terjadi tanah longsor, kemudian Sertu April Restoni Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan dan Bhabinkamtibmas langsung datang ke TKP untuk melaksanakan pengecekan dan pemantauan serta berkoordinasi dengan pemerintah Desa. 

Babinsa dan Bhabinkamtibmas di tempat terjadinya tanah longsor langsung melakukan pengamanan dengan mengatur arus lalu lintas dengan sistem buka tutup agar kendaraan yang lewat dapat melintas. 

Dalam keterangannya di lapangan Sertu April Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan mengatakan bahwa, telah mendatangi tempat kejadian untuk mengecek dan memantau guna membantu mengatur arus lalu lintas karena sebagian jalan tertutup material tanah dan batu akibat longsor. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah Desa untuk melakukan evakuasi material tanah longsor yang menutup sebagian jalan dengan alat berat, sehingga diharapkan material longsoran cepat dibersihkan dan jalan dapat segera dilalui kendaraan", ungkap Babinsa.

"Tidak ada korban luka maupun nyawa saat terjadi tanah longsor, karena jauh dari pemukiman warga, hanya saja material tanah longsor menutup sebagian bahu jalan, sehingga menghambat arus kendaraan yang melintas", pungkas Babinsa. 

"Saya menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat berkendara roda dua maupun empat apabila turun hujan.Karena apabila terjadi hujan, menyebabkan jalan licin serta Kab. Pacitan merupakan wilayah perbukitan sehingga rawan timbul tanah longsor", Tutur Babinsa.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.