Jumat, 18 November 2022

Bersihkan Tanah Longsor, Babinsa Koramil 0801/12 Pringkuku Bantu Atasi Kesulitan Warga



Pacitan - Pasca hujan deras mengguyur wilayah Kec. Pringkuku, sehingga mengakibatkan tanah longsor menimpa rumah Bpk. Kiran yang beralamat di Dsn. Kendal RT 02 RW 08 Desa Taman Asri Kec. Pringkuku Kab. Pacitan, Sabtu (19/11/2022). 

pada saat kejadian tersebut tidak ada korban luka maupun nyawa, namun terjadi penumpukan tanah di sekitar rumah warga terdampak longsor. Untuk itu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa dibantu masyarakat, secara gotong royong membersihkan lumpur akibat longsor. 

Menurut keterangan dari Koptu Budiono Babinsa Koramil 0801/12 Pringkuku Kodim 0801/Pacitan, bahwa memang benar telah terjadi tanah longsor menimpa rumah warga di wilayah binaannya.

"Setelah mendapat informasi dari warga bahwa telah terjadi tanah longsor menimpa rumah warga, kami bersama Bhabinkamtibmas langsung mendatangi tempat kejadian, dan melakukan koordinasi dengan Perangkat Desa untuk upaya penanggulangan", kata Babinsa di lokasi. 

Sebagai upaya tanggap terhadap bencana kemudian, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa, dengan dibantu masyarakat sekitar melakukan gotong royong membersihkan material tanah yang menutup rumah warga.

"Kami selalu memantau dan monitoring wilayah binaan setiap saat, sehingga apabila terjadi bencana alam longsor seperti saat ini, kami cepat untuk melakukan upaya penanganan", ujar Babinsa. 

Ditempat terpisah Danramil 0801/12 Pringkuku Kapten  Arh Budi Eko Prayanto mengingatkan bahwa wilayah Kec. Pringkuku merupakan dataran tinggi, sehingga rawan terjadi tanah longsor. Untuk itu, kepada warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan. 

"Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam.Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam, salah satunya dengan menyiapkan tas siaga bencana, rencana penyelamatan, dan pastikan jalur evakuasi, guna menghindari korban jiwa", tutur Danramil.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.