Senin, 21 November 2022

Suasana Harmonis, Babinsa Koramil 0801/03 Bantu Perbaiki Rumah Warga Jadi Layak Huni Progam KASAD

Pacitan - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah menginstruksikan kepada seluruh Babinsa TNI Angkatan Darat untuk melaksanakan program baru yaitu Babinsa masuk dapur rumah warga di setiap wilayah tugasnya. 

Program baru Babinsa masuk dapur ini dilakukan untuk memastikan agar masyarakat tidak ada yang kelaparan akibat kekurangan bahan makanan. Tidak hanya itu saja, Babinsa juga harus mengetahui jangan sampai ada warga yang tidak makan, begitu juga dengan kondisi rumahnya.

Untuk meringankan beban warga kurang mampu, sehingga Babinsa Koramil 0801/03 Arjosari Kodim 0801/Pacitan bersama warga melaksanakan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), milik ibu Jumiyem RT.02/RW.07 Dusun Sinoman, Desa Jatimalang, Kec. Arjosari, Kab. Pacitan, Senin (21/11/2022).

Saat tengah membantu melakukan perbaikan rumah, tampak terlihat pemilik rumah sangat perhatian  memberikan minuman kepada Babinsa. Hal tersebut menunjukkan bahwa, telah terjalin kedekatan dan keakraban antara Babinsa dengan masyarakat di wilayah binaannya.

Menurut keterangan Serda Supardi di lokasi bahwa,  perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik ibu Jumiyem merupakan wujud TNI AD dalam membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya, sesuai program Kasad melalui Babinsa Masuk Dapur. 

"Ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami di wilayah. Ibu Jumiyem sudah kami anggap orang tua sendiri, melihat rumahnya yang tidak layah huni, sehingga kami merasa terpanggil untuk membantu memperbaikinya menjadi layak huni", ujar Babinsa saat berada di rumah warga.

Secara terpisah saat dikonfirmasi awak media, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto, S.I.P., M.I.P., menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah pelaksanaan rehab RTLH bantuan Kasad melalui program Babinsa masuk dapur untuk mengatasi kesulitan rakyat di wilayah.

Dengan dibangunnya rumah ini, ia berharap dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, karena program ini merupakan wujud kepedulian pemerintah bersama TNI terhadap warga yang kurang mampu.

“Setiap hari kita mengirimkan beberapa anggota dari koramil 0801/03 Arjosari untuk melaksanakan pembangunan rumah milik ibu Jumiyem bersama-sama warga setempat, agar rumah tersebut nantinya akan cepat selesai dibangun,” terang Dandim.

Dia menambahkan, renovasi RTLH dalam rangka program Babinsa masuk dapur oleh Kasad merupakan momentum yang sangat penting bagi TNI karena dalam kegiatan ini, TNI memiliki ruang berkomunikasi sosial dengan masyarakat. Karena itu, akan terbangun soliditas yang baik antara TNI dengan rakyat.

Ibu Jumiyem yang rumahnya menjadi sasaran program RTLH sangat senang dan bahagia. “Terima kasih bapak TNI rumah saya sudah dibantu untuk direhab sehingga menjadi bagus,” tutur ibu Jumiyem.

Dengan adanya kegiatan ini hubungan kedekatan warga masyarakat khususnya pemilik rumah sangat harmonis seperti selayaknya keluarga sendiri dengan anggota TNI khususnya Babinsa.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.