Minggu, 29 Oktober 2023

Dandim 0801/Pacitan Bersama Forkopimda Hadiri Upacara Sumpah pemuda Tahun 2023



Pacitan-Kali ini dalam rangka memperingatan Hari Sumpah Pemuda ke- 95 dengan tema "Bersama Majukan Indonesia" dirangkaikan dengan Peringatan Hari jadi Provinsi Jawa Timur ke- 78 dengan tema "Jatim Bangkit Terus Maju", Dandim 0801/ Pacitan Letkol Inf Roliyanto bersama forkopimdan melaksanakan upacara di pendopo kabupaten Pacitan Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 08 Kec/Kab. Pacitan. Senin (30/10/2023).

Dalam amanatnya, inspektur Upacara Bpk. Indrata Nur Bayuaji, S.S. (Bupati Pacitan) mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan setiap tahun mengingatkan akan semangat patriotisme dan komitmen kebangsaan dari para pemuda yang tertuang dalam isi Sumpah Pemuda.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan", tegas Bupati.

Lebih lanjut bupati Pacitan menyampaikan bahwa momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia" bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna - warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia", Ungkap Bupati.

"Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan", pungkas Bupati.

Para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan Nasional. Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah undang-undang no. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen-elemen lain.

Secara terpisah saat dikonfirmasi awak media Dandim 0801/Pacitan Letkol INF Roliyanto, S.I.P,. M.I.P. juga mengajak para pemuda pemudi untuk selalu kooperaktif dan inovatif dalam berpartisipasi untuk mewujudkan generasi muda yg maju, Karena Jawa Timur juga dinobatkan sebagai provinsi dengan desa mandiri terbanyak di Indonesia. Pembangunan ekonomi Jawa Timur juga difokuskan pada program kalangan milenial merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada kalangan muda dengan mendukung ekonomi digital. Jalan masih panjang jangan membuat terlena karena perjuangan kita memperjuang kemakmuran setiap warga Provinsi Jawa Timur.

Pemerintah provinsi Jawa Timur menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya kepada segenap anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, TNI-Polri, Forkopimda, DPRD Kabupaten Kota seluruh masyarakat Jawa Timur atas keberhasilan pembangunan ekonomi masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Forkopimda serta seluruh pimpinan OPD, unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Korpri, mahasiswa, KNPI, Pelajar, Pramuka, perwakilan ormas serta IPSI. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah lomba orasi sumpah pemuda kategori Pelajar, mahasiswa dan umum. (prokopim Pacitan / Pemkab Pacitan)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.